Selasa, 14 September 2010

APA ITU BEKAM ( HIJAMAH) ?

Bekam adalah perkataan melayu untuk proses pengeluaran darah matang melalui permukaan kulit. Sebab darah matang, keluar ke permukaan kulit. Proses ini adalah cara paling mudah dan selamat untuk mengeluarkan racun (darah matang) dari tubuh kita. Sebab kulit adalah organ terbesar dalam tubuh dan tempat toksin/racun banyak berkumpul.
Berbekam merupakan pengobatan terbaik, sebagaimana sabda Rosululloh SAW “Sebaik–baik pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam”.
Sejak zaman mesir kuno, berbekam merupakan kebiasaan mereka untuk mengobati berbagai macam penyakit, menghilangkan rasa sakit serta memulihkan fungsi tubuh.


DALIL – DALIL HIJAMAH / BEKAM
 
“Kalaulah dalam sesuatu dari apa yang kalian pergunakan untuk berobat adalah baik, maka hal itu adalah hijamah.” (Shahih Sunan Abu Daud, Al Albany, 2/731)
“Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah hijamah.”(Hadits shahih menurut syarat Asy-Syaikhany, Al Albany menshahihkan dalam As-Silsilah Ash-Shahihah,1053,26)
“Sesungguhnya cara pengobatan kalian yang paling ideal adalah hijamah dan menggunakan al-qisthulbahri (Muttafaq Alaihi)
“Pada malam aku diisra’kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan berkata,Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan hijamah”. (Diriwayatkan Ibnu Majah dan At Tirmidy, disebutkan dalam Shahihul Jami’ 5671,5672)
“Jibril memberitahukan kepadaku bahwa hijamah adalah pengobatan yang paling bermanfaat bagi manusia.” (Shahihul Jami’ 218, menurut Syaikh Al Albany, ini hadits Shahih)

 
MENGAPA HARUS BERBEKAM ?
 
Tubuh yang sehat dan pikiran yang cerdas adalah faktor penting dalam hidup seseorang demi melaksanakan tanggung jawab dalam kehidupan kita. Tetapi jika dalam tubuh kita banyak toksin (racun), akan menyebabkan penyumbatan darah, dimana sistem peredaran darah tidak bisa berjalan dengan lancar dan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh (imuniti) kita lemah.
Keadaan ini sedikit demi sedikit akan mengganggu kesehatan fisik maupun mental seseorang yang mengakibatkan orang tersebut menjadi malas, murung, mengeluh kurang sehat, mudah bosan dan merasa selalu tertekan.
Berbekam adalah cara tepat dan praktis untuk mengeluarkan toksid yang sudah terkumpul dalam permukaan kulit, sehingga begitu darah sudah keluar, biasanya orang akan merasakan kesegaran tubuhnya pulih dan badannya ringan.

 
PERKARA YANG PERLU DIKETAHUI DALAM BERBEKAM
 
Bagi siapa saja yang ingin menjadikan berbekam sebagai suatu bidang kerjanya, yang dapat membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit dan juga sebagai pencegahan berbagai penyakit khusus untuk masyarakat umum dan juga keluarga sendiri, maka tabib (dalam hal ini terkenal bekam) harus mengetahui perkara–perkara poko/dasar, sebelum melakukan bekam.
Adapun pokok–pokok tersebut diantaranya yang harus diketahui dan dilakukan adalah:
  1. Belajar dan mengetahui berbagai macam penyakit kronik dan ringan.
  2. Perlu mengetahui fungsi obat–obatan alamiah (sumber alamiah).
  3. Memahami tanda–tanda penyakit, dari tanda-tanda fisikal (iridologi, telapak tangan dll ) maupun mental.
  4. Memahami kondisi jiwa pasien, mampu komunikasi dengan keluarga anggota pasien, dengan melibatkan musyawarah seluruh anggota keluarga.
  5. Mau berkorban dan tidak mengenal lelah dalam merawat pasien.
  6. Ketelitian dalam memeriksa penyakit dan diagnosa yang tepat, mengenai penyakit, sebelum pasien dibekam, supaya tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan.
  7. Orang yang membekam harus melalui pelatihan yang mencukupi dan dengan bimbingan yang berpengalaman.
  8. Jangan sekali–kali membekam kalau diri sendiri belum pernah dibekam.
  9. Bagi pemula, jangan melakukan bekam tanpa pengawasan dari seseorang yang telah ahli.
  10. Sebelum melakukan bekam, hendaknya melakukan pengukuran gula darah, tekanan darah dan lain – lain.