Rabu, 15 September 2010

Adakah orang yang sanggup shaum (puasa) selama 1 tahun penuh?

Kalau kita ditanya “Adakah orang yang sanggup puasa (shaum) selama 1 tahun penuh?”, mungkin kita akan menjawab “tidak ada yang sanggup.”
Sebenarnya kita semua sanggup melakukan hal tersebut.
Apa mungkin?
Saya jawab, “Sangat mungkin sekali.” Pernahkah kita mendengar atau membaca hadits Nabi Muhammad SAW :
عَنْ أَبِيْ أَيُّوْبَ الْأَنْصَارِيْ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ (( مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ )) رَوَاهُ مُسْلِمُ
Dari Abu Ayyub Al-Anshori RA -bercerita- : sungguh, Nabi SAW pernah bersabda: “Barang siapa melakukan shaum (puasa) Ramadhan kemudian ia tambah dengan shaum enam hari di bulan Syawal, maka shaumnya tersebut sama seperti shaum selama satu tahun.” (HR. Muslim)

Setelah membaca hadits diatas, berulah kita mengetahui bahwa sebenarnya kita semua mampu shaum selama 1 tahun. Subhanallah

Inilah kemaha adilan Allah SWT. Dengan amal sedikit yang kita lakukan, ternyata amal tersebut sangat bernilai disisi Allah. Janganlah kita menganggap remeh perbuatan baik yang kelihatannya kecil, boleh jadi ia sangat bernilai disisi Allah.

“Barang siapa melakukan amal baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat, dan barang siapa yang melakukan perbuatan jahat (dosa) maka ia tidak diberi balasan kecuali seimbang dengan kejahatannya (dosanya). Mereka sedikitpun tidak dizholimi.” (QS. Al-An’am [6]: 160)

Ayo sama-sama kita puasa syawal !!

(Ibnu M Lukman)